Blog Referensi Untuk Anda Yang Sedang Mencari Informasi Seputar Kesehatan, Pengobatan Update Setiap Harinya

Sunday, February 2, 2014
Berlangganan

8 Tanda Awal Kehamilan Yang Jarang Disadari

Info Kesehatan
8 Tanda Awal Kehamilan Yang Jarang Disadari Pada kehamilan pertama memang tak semua wanita menyadarinya, bahkan banyak yang menganggap bahwa dirinya sedang sakit. Memang tanda-tanda awal kehamilan tidak selalu terlihat seperti sedang hamil, contohnya saja seperti 8 tanda awal berikut ini.

8 Tanda Awal Kehamilan Yang Jarang Disadari

  1. Cemas
    Cemas dan gelisah bisa disebabkan karena terlalu banyak mengonsumsi kafein atau ketika Anda sedang hamil. Bahkan terkadang kecemasan yang datang berlebihan dan membuat Anda jadi susah tidur. Dengarkan tubuh Anda, rilekskan diri ketika hendak berangkat tidur, dan perlahan kecemasan tersebut bisa teratasi.
  2. Nafsu makan meningkat
    Anda jadi lebih sering ingin makan ini dan itu, setiap lewat di depan lemari es, Anda akan membukanya dan mencari-cari apa yang bisa dimakan. Hal ini disebabkan karena kenaikan hormon beta hcG yang membuat Anda jadi ingin makan.
  3. Penciuman yang tajam
    Mendadak Anda bisa mencium aroma asap rokok dari jarak yang agak jauh, atau aroma tubuh orang yang sedang berbicara di seberang Anda. Sensitivitas penciuman memang meningkat dan bahkan bisa sangat mengganggu apalagi jika Anda tidak menyukai aroma tertentu.
  4. Mual dan muntah
    Mual dan muntah disebabkan karena peningkatan jumlah hormon di dalam tubuh, dan bahkan akan berjalan cukup lama hingga 19 minggu. Ada yang munculnya hanya saat pagi hari, ada yang hanya di sore atau malam hari, dan ada pula yang sepanjang hari. Untuk mengatasi rasa mual ini, jangan biarkan perut Anda kosong. Setidaknya selalu simpan biskuit di dekat Anda sehingga Anda bisa mengisi perut dan membuat mualnya mereda. Apabila mualnya terlalu mengganggu, Anda bisa mengatasinya dengan beberapa jenis susu khusus atau suplemen dari dokter.
  5. Payudara membesar dan lembutAda perubahan pada ukuran payudara Anda yang cenderung lebih besar dan lembut. Di saat seperti ini Anda disarankan menggunakan bra yang ukurannya lebih besar dan nyaman. Sport bra adalah salah satu pilihannya karena dapat menopang dengan sempurna dan memberikan kenyamanan. Atau Anda juga bisa membeli maternity bra yang diperuntukkan khusus untuk ibu hamil.
  6. Sering buang air kecil
    Di awal kehamilan Anda akan merasa sering ingin buang air kecil, hal ini disebabkan karena uterus berkembang sehingga menekan saluran kencing dan memancing Anda untuk lebih sering buang air kecil. Untuk mencegah tidur terganggu, setidaknya sebelum tidur hindari minum air putih atau buang air kecil terlebih dahulu.
  7. Nafas lebih pendek
    Sebagian wanita mengalami nafas yang lebih pendek-pendek dan agak sedikit sesak. Hal ini sebenarnya disebabkan karena Anda membutuhkan oksigen yang lebih banyak untuk tumbuh kembang janin Anda.
  8. Perubahan fisik
    Ada perubahan fisik seperti perubahan warna miss V, kelembutan dinding rahim, pinggul yang semakin berisi, dan beberapa bagian tubuh yang ukurannya mulai membesar.

Untuk lebih meyakinkan diri Anda, lakukan test menggunakan alat tes kehamilan dan kunjungi dokter untuk memberikan support secara medis untuk kehamilan agar lebih sehat. Semoga bermanfaat artikel Tanda Awal Kehamilan Yang Jarang Disadari