Blog Referensi Untuk Anda Yang Sedang Mencari Informasi Seputar Kesehatan, Pengobatan Update Setiap Harinya

Sunday, January 18, 2015
Berlangganan

Penjelasan, Kondisi Bentuk Payudara Wanita Akibat Bertambah Usia

Penjelasan, Kondisi Bentuk Payudara Wanita Akibat Bertambah Usia. Perlu Anda ketahui bahwa tidak hanya organ vagina saja yang mengalami perubahan yang disesuaikan dengan usia, tapi juga kondisi payudara saat usia mulai menua. Perubahan yang jelas terdapat dari penampilan bentuknya yang bisa Anda rasakan sendiri. Agar tidak terlalu kaget nantinya, yuk, ketahui dari sekarang!
Penjelasan, Kondisi Bentuk Payudara Wanita Akibat Bertambah Usia

Bentuk Payudara Wanita Usia 20-an 
Pada momen ini ukuran payudara sangat fluktuatif karena banyak alasan, demikian menurut Lisa Jacobs, M.D, associate professor of surgery di Johns Hopkins Medicine. Pertama, bisa jadi payudara mengendur akibat metabolisme yang berjalan lambat atau kemungkinan penyesuaian mengarah pada bobo tubuh perempuan dewasa.

“Payudara akan berubah ukurannya sesuai penambahan atau penurunan berat badan, terutama saat masa kehamilan. Pada usia 20-an biasanya banyak wanita hamil sehingga terjadi pembesaran yang diringi kenaikan berat badan dan persiapan pemberian ASI” ungkap Lisa.

Namun kondisi ini akan berubah seiring masa pemberian ASI selesai dan payudara mulai mengecil kembali. Penting untuk menyadari bahwa kehamilan juga membuat area payudara sedikit menghitam serta bentuk putting yang membesar.

Selain kondisi di atas, bisa terdapat benjolan pada area payudara akibat perubahan fibrocystic yang biasa dialami wanita saat menstruasi. Usia 20-an memang rentan terhadap perubahan siklus menstruasi yang mana disebabkan perbedaan hormon seperti estrogen dan berdampak pada beberapa benjolan dan rasa sakit di sekitar area payudara. Penting diketahui juga, bahwa rasa sakit payudara bisa berkaitan dengan gejala kanker payudara. Konsultasikan segera ke dokter bila itu terjadi.

Bentuk Payudara Wanita Usia 30-an 
Menginjak kepala tiga, perempuan juga biasanya sudah memiliki beberapa anak. Nah, hal ini berpengaruh terhadap peregangan kulit payudara yang bisa disebabkan juga karena kenaikan atau penurunan berat badan.

“Situasi tersebut bisa mengarah pada stretchmarks atau pstosis akibat peregangan otot elevator karena penuaan. Secara khusus Anda memang harus menjaga benar lonjakan bobot tubuh yang terjadi selama dan sesudah masa kehamilan” saran Lisa.

Bentuk Payudara Wanita Usia 40-an 
Umumnya pada usia 40 tahun, perempuan akan mengalami masa menopause yang mana mengarah kepada perubahan besar area payudara serta ovum untuk memproduksi hormone estrogen dalam jumlah lebih sedikit. Singkatnya, payudara akan mengalami involusi, yakni ketika jaringan payudara justru malah tergantikan oleh lemak, sehingga lebih lembut dan tidak kencang.

Involusi memang tidak terjadi secara tiba-tiba, tapi merupakan bagian ketika payudara mulai berlemak. Agar bisa diatasi, segera berkonsultasi ke dokter ahli untuk kondisi payudara yang tetap bisa kencang dan tidak turun.

Penurunan kepadatan juga menjadi salah satu perubahan signifikan yang terjadi secara natural karena usia. Elastisitas payudara akan jauh berbeda akibat penurunan kolagen di dalam tubuh. Ini alasan mengapa mammograms sangat disarankan dilakukan bagi perempuan berusia 40 tahun ke atas, karena dokter bisa memberikan tindakan demi mengurangi penurunan kepadatan payudara.

tabloidnova.com