Blog Referensi Untuk Anda Yang Sedang Mencari Informasi Seputar Kesehatan, Pengobatan Update Setiap Harinya

Saturday, December 20, 2014
Berlangganan

Tips Ampuh Atasi Rambut Rontok, Botak

Tips Ampuh Atasi Rambut Rontok, BotakRambut merupakan mahkota, sehingga kerap kali menyebabkan kekhawatiran jika rambut mengalami kerontokan hingga terjadi kebotakan(alopesia). Kerontokan rambut dapat disebabkan oleh berbagai macam hal, bisa karena factor genetik atau karena berhubungan dengan penyakit tertentu seperti infeksi jamur atau hipotiroid. Namun untuk menegakkannya diperlukan pemeriksaan fisik langsung.
Kerontokan rambut yang disebabkan oleh faktor keturunan disebut dengan alopesia androgenika dan akan dimulai secara bertahap dari bagian depan terus ke belakang.  Pada kerontokan awal, akan terlihat pola huruf M pada kepala. Jika kerontokan terus berlanjut maka akan membentuk huruf U dan dahi akan terlihat lebih lebar. 
Normalnya, pertumbuhan rambut berlangsung selama 2-6 tahun. Masing-masing rambut tumbuh sebanyak 1 cm/bulan dalam fase ini. Sekitar 90% dari rambut di kepala tumbuh setiap saat, 10% sisanya dalam fase istirahat. Setelah 2-3 bulan, rambut yang berada dalam fase istirahat rontok dan rambut baru mulai tumbuh pada tempat yang sama. Suatu hal yang normal apabila mendapatkan rambut yang rontok setiap hari. Rata-rata kulit kepala memiliki sekitar 100.000 helai rambut, dan secara kasar 50-100 helai rambut dapat rontok setiap hari. Hal tersebut masih berada di dalam batas normal.
Jika rambut Anda sudah rontok sekitar lebih dari 100 helai rambut/hari, terdapat beberapa hal yang dapat menjadi faktor penyebab, yaitu faktor herediter (keturunan) dan faktor yang didapat (karena penyakit atau keadaan tertentu). Rambut rontok yang disebabkan oleh faktor herediter, tidak dapat disembuhkan, yang dapat dilakukan adalah mencegah agar kerontokan rambut  tidak terlalu cepat.  Sedangan untuk faktor yang didapat, dapat disebabkan oleh karena penyakit tertentu seperti jamur pada kulit kepala, anemia, demam, sakit tifus ataupun akibat keadaan-keadaan tertentu seperti salah perawatan rambut.
Tips Ampuh Atasi Rambut Rontok, Botak

Ada beberapa tips yang dapat Anda lakukan, untuk mencegah kerontokan rambut seperti :
-          banyak makan makanan yang banyak mengandung protein dan zat besi
-          hindari stres
-          hindari obat-obatan yang mengganggu pertumbuhan rambut
-          rajin olah raga untuk memperlancar peredaran darah
-          cukup istirahat
-          stop merokok (pada yang merokok)
-          hindari pemakaian pengering rambut dan keramas dengan air panas
-          hindari pemakaian bahan - bahan kimia di rambut 
Untuk mengetahui penyebab pasti keluhan Anda serta rencana terapi yang paling tepat, kami sarankan Anda berkonsultasi dengan Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin untuk dievaluasi akan kemungkinan adanya infeksi jamur pada kulit kepala Anda. Biasanya terapi yang diberikan antara lain adalah pemberian suntikan obat-obatan langsung pada kulit kepala (mesotherapy), PRP therapy hingga transplantasi rambut untuk efek jangka panjang. Demikian artikel pembahasan Tips Ampuh Atasi Rambut Rontok, Botak