Blog Referensi Untuk Anda Yang Sedang Mencari Informasi Seputar Kesehatan, Pengobatan Update Setiap Harinya

Wednesday, December 31, 2014
Berlangganan

8 Arti Tanda Kuku Dengan Kesehatan Anda

8 Arti Tanda Kuku Dengan Kesehatan AndaApakah Anda mengetahui bahwa kelainan pada kuku dapat menunjukkan adanya gangguan pada tubuh? Karena kalau kurang jeli, bisa-bisa gangguan pada tubuh yang terjadi di hati, paru-paru dan jantung terlewat karena menyepelekan tanda-tanda yang muncul di kuku Anda. Apa saja tanda-tandanya? Simak 8 arti tanda kuku Anda berikut ini:
  1. Kuku Pucat
Kuku yang pucat dapat menunjukkan beberapa penyakit serius seperti Anemiagagal jantungpenyakit hati dan malnutrisi.
  1. Kuku Putih
Kalau kuku menunjukkan warna putih dengan ujung kuku yang lebih gelap dapat menunjukkan kelainan pada hati seperti hepatitis.
  1. Kuku Kuning
Infeksi jamur merupakan penyebab paling sering kuku menjadi kuning. Saat infeksi menjadi berat, kuku dapat menebal dan lepas. Pada beberapa kasus perubahan warna kuning pada kuku dapat menunjukkan beberapa penyakit serius seperti gangguan tiroid, penyakit paru-paru, diabetes atau penyakit kulit psoriasis.
  1. Kuku Biru
Perubahan warna kuku menjadi biru belum tentu selalu menunjukkan bahwa tubuh kekurangan oksigen. Perubahan warna ini juga dapat menunjukkan infeksi pada paru-paru seperti pneumonia. Beberapa kelainan pada jantung juga dapat menimbulkan kuku biru.
  1. Kuku Berdesir
Bentuk kuku ini dapat merupakan suatu pertanda awal penyakit psoriasis atau arthritis (radang sendi). Dapat juga terjadi perubahan warna, kulit dibawah kuku dapat berubaha menjadi merah-coklat.
8 Arti Tanda Kuku Dengan Kesehatan Anda

  1. Kuku Pecah/Terbelah
Kuku yang kering, dan mudah pecah atau terbelah banyak dikaitkan dengan penyakit tiroid. Kuku yang pecah dan terbelah disertai warna kekuiningan dapat menunjukkan infeksi jamur.
  1. Bengkak Pada Lipatan Kuku
Bila kulit disekitar kuku terlihat merah dan bengkak disebut sebagai peradangan dari lipatan kuku. Namun hal ini juga dapat menunjukkan penyakit lupus ataupun kelainan jaringan ikat. Infeksi juga dapat menunjukkan bengkak dan kemerahan pada lipatan kuku.
  1. Garis Hitam Pada Kuku
Munculnya garis hitam dari bawah kuku harus segera dilakukan pemeriksaan karena dapat menunjukkan melanoma suatu  jenis kanker kulit yang berbahaya.