Blog Referensi Untuk Anda Yang Sedang Mencari Informasi Seputar Kesehatan, Pengobatan Update Setiap Harinya

Saturday, January 11, 2014
Berlangganan

Pengertian Kelenjar Getah Bening (KGB)

Info Kesehatan

Pengertian Kelenjar Getah Bening KGB Sebenarnya pengertian kelenjar getah bening ini sangat erat kaitannya dengan sistem kekebalan tubuh manusia. Apa sih sebenarnya kelenjar getah bening itu? Bagaiman kelenjar getah bening ini bisa terlibat dalam sistem kekebalan tubuh manusia?
Mari kita coba uraikan segala Definisi Kelenjar Getah Bening tersebut. Dengan demikian kita akan lebih mengerti mengenai pengertian kelenjar getah bening


Definisi/ Pengertian kelenjar getah bening

Pengertian kelenjar getah bening adalah sebuah jaringan berbentuk oval di dalam tubuh yang bertindak sebagai penghasil dan penyaring cairan yang disebut sebagai getah bening (limfosit). Getah bening ini berfungsi dalam pengeluaran sel-sel mati, dan yang paling utama adalah sebagai alat pertahanan terhadap infeksi.
Sebenarnya, kelenjar getah bening merupakan kumpulan sel-sel yang kecil. Akan tetapi, karena dibungkus oleh selubung kapsul, sel-sel tersebut membentuk bulatan-bulatan kecil. Bagian terbesar dari kelenjar getah bening biasa kita sebut sebagai limpa.
Kelenjar getah bening termasuk ke dalam sistem peredaran getah bening (lymphatic system) yang secara keseluruhan mengatur kinerja sistem kekebalan tubuh.


Penyebaran

Setelah mengethaui pengertian kelenjar getah bening, kita akan mencari tahu dimana penyebarannya. Kelenjar getah bening tersebar di berbagai tempat di dalam tubuh manusia, seperti di ketiak, lipatan paha, leher, panggul, dan perut. Di area-area tersebut, beberapa kelenjar getah bening bisa teraba seperti kacang atau kacang kecil.


Pembengkakan

Selain mengulas tentang pengertian kelenjar getah bening, dalam artikel ini juga mengulas tentang pembengkakan yang terjadi di kelenjar getah bening. Pembengkakan atau pembesaran kelenjar getah bening di area mana saja bisa mengindikasikan adanya infeksi, kanker, atau penyakit lain yang berhubungan dengan sistem getah bening. Kebanyakan, pembengkakan kelenjar getah bening berhubungan dengan infeksi ringan yang sedang dihadapi oleh sistem kekebalan tubuh. Misalnya, demam atau infeksi pada gigi. Adapun area kelenjar getah bening yang mengalami pembengkakan biasanya adalah kelenjar getah bening yang paling dekat dengan area terjadinya infeksi. Misalnya, infeksi gigi bisa membuat kelenjar getah bening yang ada di sekitar leher membengkak.
Dengan sendirinya, atau dengan pengobatan tertentu, pembengkakan kelenjar getah bening seperti ini akan mengecil dan kembali ke ukuran normal. Akan tetapi, jika bulatan atau benjolan yang teraba pada tubuh tersebut diam dan keras untuk waktu yang relatif lama, ini biasanya berhubungan dengan kanker atau tumor.


Hal-hal yang Menyebabkan Pembengkakan

Ada beberapa hal-hal dan mekanisme yang bisa menyebabkan pembengkakan kelenjar getah bening. Di antaranya adalah sebagai berikut.
  • Infeksi

Mekanisme pembengkakan kelenjar getah bening akibat infeksi adalah dengan cara peningkatan jumlah sel darah putih (limfosit) dengan cara multiplikasi sebagai respons atas adanya zat asing ke dalam tubuh (antigen).
  • Virus
Reaksi pertahanan terhadap infeksi yang umum diakibatkan oleh virus biasanya berupa demam yang menyertai pembengkakan kelenjar getah beningnya.
  • Peradangan
Mekanisme peradangan terjadi selama infeksi kelenjar getah bening oleh zat-zat asing. Peradangan merupakan suatu bentuk sel darah putih yang mati oleh zat asing.
  • Kanker
Mekanisme penyusupan sel-sel kanker pada kelenjar getah bening juga sering menyebabkan pembengkakan. Bahkan, kelenjar getah bening yang bengkak bisa menjadi keras dan bisa menyebar ke kelenjar getah bening di tempat-tempat yang lain.
  • Kanker darah
Kanker darah mungkin tidak terlihat seperti kanker biasa yang membuat kelenjar getah bening bengkak. Akan tetapi, pada kanker darah, produksi limfosit di kelenjar getah bening sangat banyak dan tidak terkontrol. Keadaan ini kita sebut sebagai limfoma atau leukemia.


Gejala Pembengkakan

  • Gejala pembengkakan kelenjar getah bening bergantung pada lokasi kelenjar getah bening itu sendiri.
  • Adanya infeksi saluran pernapasan atas (seperti hidung meler, sakit tenggorokan, dan demam), sakit leher, telinga, atau di bawah pipi.
  • Kadang-kadang terlihat infeksi pada kulit, kemerah-merahan, sakit dada.
  • Batuk parah
  • Pembesaran di semua kelenjar getah bening (misalnya, pada HIV dan lupus)
  • dan gejala-gejala lain

Penyakit Kelenjar Getah Bening

Dalam berbagai kondisi, kelenjar getah bening dapat terserang penyakit. Jenis penyakit yang paling banyak menyerang kelenjar getah bening adalah kanker kelenjargetah bening. Kenker kelenjar getah bening ini banyak disebut dengan limfoma. Tipe kanker kelenjar getah bening ini adalah yang menyerang sebagian besar sel darah putih atau eukosit yang ada di dalam kelenjar getah bening.
Kanker kelenjar getah bening ini biasanya ditandai dengan adanya benjolan. Benjolan ini terasa kenyal. Benjolan ini tidak menyebabkan rasa sakit atau pun rasa nyeri. Benjolan ini pun terkadang sangat gampang untuk kita gerak-gerakkan.
Jika Anda merasakan adanya benjolan dengan ciri-ciri seperti di atas maka Anda patutlah curiga bahwa benjolan yang ada di tubuh Anda itu adalah bibit dari kanker kelenjar getah bening. Walau pun memang tidak semua benjolan yang ada dalam tubuh adalah kanker kelenjar getah bening.
Namun benjolan yang ada di tubuh Anda dapat terkategorikan sebagai kanker kelenjar getah bening jika anda mengalami tanda-tanda berikut:
  • Anda mengalami demam secara terus menerus. Suhu badan Anda melebihi 38 derajat celcius
  • Pada saat malam hari, Anda sering mengeluarkan keringat
  • Berat badan Anda menurun
kanker kelenjar getah bening adalah jenis kanker yang tak ganas. Jenis kanker ini masih dapat untuk diobati. Bahkan dapat dikatakan bahwa kanker kelenjar getah bening adalah jenis kanker yang paling mudah untuk diobati.
Ada beberapa cara untuk mengobati jenis kanker ini. Cara pengobatannya ditentukan oleh beberapa hal yang telah ditentukan oleh diagnosis dokter seperti bagaimana keadaan kanker itu sendiri apakah masih dalam tahap awal atau sudah memasuki stadium tingkat lanjut.
Selain itu kondisi pasien juga mempengaruhi jenis pengobatan seperti berapa umur pasien, kondisi badannya, apakah kanker ini termasuk kanker yang masih baru atau sudah pernah ada dan kambuh lagi. Serta hal-hal lain yang telah ditentukan oleh dokter.
Beberapa cara pengobatan yang dapat dilakukan untuk menyembuhkan kanker kelenjar getah bening adalah:
  • Kemoterapi
Seperti halnya jenis kanker yang lain, kemoterapi dianggap sebagai cara pengobatan yang paling efektif untuk membunuh sel-sel kanker yang ada. Obat-obatan yang dikonsumsi pasien penderi kanker kelenjar getah bening ini dimaksudkan untuk merusak dan membunuh sel kanker yang menyerang tubuh.
  • Radiasi
Cara pengobatan kanker kelenjar getah bening dengan cara radiasi ini juga disebut dengan radioterapi. Cara pengobatan ini dilakukan dengan memberikan cahaya radiasi tertentu ke arah bagian tubuh yang terserang sel kanker. Pengarahan radiasi ini haruslah dilakukan dengan sangat tepat pada posisi sel kanker.
Hal ini dimaksudkan untuk benar-benar mematikan sela kanker tersebut. Selain itu juga untuk mencegah radiasi pada bagian sel yang tak terkena serangan sel kanker. Karena jika sel sehat yang tak terserang sel kanker ini ikut terkena radiasi maka sel ini akan ikut terbunuh.
Ada syarat yang harus dipenuhi dalam cara pengobatan radiasi ini. Radiasi hanya dapat dilakukan jika sel kanker hanya menyerang pada satu atau dua daerah saja di tubuh kita. Jika terdapat banyak sel kanker yang tumbuh pada tubuh kita maka cara pengobatan radiasi ini tidak dapat dilakukan. Maka dipilih cara pengobatan lainnya.
  • Transplantasi
Kita mengenal cara pengobatan transplantasi untuk berbagai jenis kanker termasuk kanker kelenjar getah bening. Transplantasi ini dlakukan untuk menggantikan sel-sel yang terkena sel kanker dengan sel-sel baru yang ditransplantasikan.
Untuk cara pengobatan transplantasi ini, sel yang ditransplantasikan dapat diambil dari donor seperti dari keluarga pasien. Idealnya yang memiliki sel yang paling dapat untuk ditransplantasikan adalah dari saudara kembar pasien. Selain itu, sel yang ditransplantasikan dapat berasal dari sel tubuh pasien itu sendiri.
  • Pembedahan
Pembedahan dilakukan untuk mengangkat sel kanker yang menyerang kelenjar getah bening.
  • Pengobatan terapi eksperimental

    Cara pengobatan ini adalah cara alternatif yang dilakukan untuk mengobati kanker kelenjar getah bening yang sering tumbuh lagi setelah dilakukan pengobatan.
Cara ini disebut sebagai terapi eksperimental karena obat-obat yang digunakan adalah obat-obatan yang dicoba apakah bisa untuk mengobati kanker kelenjar getah bening ini ataukah tidak.
Sebenarnya tidak sulit untuk menetahui pengertian kelenjar getah bening. Walaupun Definisi Kelenjar Getah Bening KGB ini terdengar masih asing bagi kita. Kita bisa mendapatan pengertian kelenjar getah bening ini dari berbagai sumber.